BERITA


Setelah 6 Tahun, RIM Akhirnya Buka Kantor di Indonesia.

Siapa yang tidak tahu Blackberry di Indonesia ini? Handset smartphone yang satu ini sangat terkenal sekali di negara kita tercinta ini, khususnya aplikasi chat mereka yaitu BlackBerry Messenger yang penggunaannya sudah menjadi wabah dan life style tersendiri di Indonesia. Meskipun Blackberry sangat terkenal di Indonesia ini, tapi tidak sedikit pengguna Blackberry yang tidak mengetahui apa itu RIM (Research In Motion). Padahal Blackberry sendiri adalah produk dari RIM, yang notabene sudah masuk Indonesia di kisaran tahun 2004, berarti sudah mendekati 6 tahun di Indonesia. Tetapi baru pada tanggal 9 november 2010 kemarin RIM selaku produsen BlackBerry membuka kantor resminya di Jakarta, Indonesia yang bernama PT. Research In Motion Indonesia.
RIM saat ini telah merencanakan pembukaan 36 pusat layanan pelanggan resmi BlackBerry sampai akhir 2010. Produk BlackBerry di Indonesia juga mulai saat ini mendapat jaminan garansi selama 24 bulan. RIM telah memiliki tiga mitra distributor lokal yakni PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech Cellular, dan PT Selular Media Infotama. Ketiganya bekerja sama dengan Brightpoint. BlackBerry juga didistribusikan melalui sejumlah operator seluler di Indonesia.
Berkenaan dengan didirikannya PT. Research In Motion Indonesia, Gregory Wade (Managing Director RIM se-Asia Tenggara) mengatakan:
Pendirian PT RIM Indonesia adalah sebuah milestone bagi perusahaan kami sekaligus merupakan bukti konkret komitmen investasi jangka panjang yang kami lakukan di Indonesia. Terima kasih untuk semua dukungan dan persetujuan dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) atas berdirinya PT RIM Indonesia. Kami sangat bersemangat untuk membuka kantor kami dan menumbuhkembangkan tim di Indonesia.

Gregory Wade di peluncuran PT. Research In Motion Indonesia
Memang jika dibandingkan dengan jumlah total populasi di Indonesia, total pengguna BlackBerry masih sangatlah kecil, walaupun begitu si  BlackBerry memiliki peningkatan yang luar biasa dari tahun ke tahun bahkan dari bulan ke bulan. Di negara kita Indonesia ini, para operator telco sangat berperan penting dalam menjadikan BlackBerry sebagai “Smartphone BRAND that everybody wants”. Di mulai dari si Indosat yang memiliki tagline yang sangat berpengaruh untuk BlackBerry di Indonesia yaitu “always on, always connected lifestyle”. Dan kalau kita ingat lagi, Blackberry di Indonesia pernah meraih peningkatan pelanggan sampai dengan 450%  di tahun 2008.